WELCOME TO initial-yas.blogspot.com | Sesering mungkin mampir ke blog saya yang sederhana ini agar tidak ketinggalan berita-berita tentang Initial-YAS dan yang lainnya | Jika ingin bertanya sesuatu tentang blog ini, kalian bisa bertanya lewat facebook fan page : Initial-YAS | Jika ada kekurangan dalam blog ini mohon di maafkan | SALAM INITIAL-YAS

Selasa, 01 Mei 2012

Teater Kolosal Meriahkan Peringatan Hardiknas

Pentas teater kolosal yang melibatkan hampir 300 peserta memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kabupaten Jepara, yang berlangsung Minggu (2/5), di Alun-alun Jepara. Pementas teater berasal dari pelajar di semua tingkatan pendidikan dan pekerja seni di daerah.
"Kami mengemas pentas ini dalam empat fragmen," kata Penulis Skenario dan Sutradara Udik Agus D.W., S.Pd. Tema yang diusung dalam pentas ini adalah Pendidikan Membangun Karakter Bangsa.

Lebih lanjut Udik menjelaskan, pada fragmen pertama peserta sengaja menampilkan kuda pembuka dan kelompok bertopeng sebagai simbolisasi kebutuhan memajukan pendidikan. "Kekuatan sistem penyelenggaraan pendidikan, ketangkasan dalam mengelola proses pembelajaran, dan kecepatan dalam mengimbangi laju perkembangan zaman adalah pesan yang ingin kami sampaikan dalam karakter kuda ini," katanya.
Pada fragmen kedua yang menampilkan aksi teatrikal siswa SD, disampaikan pesan larangan pembiaran eksploitasi anak dalam bekerja. "Karena mereka harus mengenyam pendidikan terlebih dahulu," urai Karina Ayu Ristyandari, mantan Duta Wisata Jepara yang bertindak sebagai narator. Hentakan intonasi dalam gold voice narasinya, membuat bulu kudu penonton berdiri setelah melihat penampilan Elan, bocah SD yang membawakan karakter penjual gorengan.
Tari bendera yang dipentaskan berikutnya memberi pesan bahwa anak-anak sekolah harus sehat jasmani dan rohani. Sedangkan bersatunya seluruh pementas dalam fragmen penutup memberi pesan agar seluruh elemen bersatu padu merapatkan barisan dalam memajukan pendidikan.
Upacara
Puncak peringatan Hardiknas dilakukan dalam upacara bendera. Dilangsungkan dalam tata upacara sipil, Bupati Jepara Drs. Hendro Martojo, MM yang bertindak sebagai pembina upacara, membacakan sambutan tertulis Mendiknas Muhammad Nuh. Selain pelajar di seluruh tingkatan pendidikan, peserta yang memenuhi Alun-alun Jepara berasal juga dari TNI, Polri, dinas/instansi vertikal di daerah seperti Kejaksaan dan pengadilan Negeri, kantor Kementerian Agama, dan juga unsur lain seperti organisasi wanita dan organisasi masyarakat. Seluruh unsur Muspida hadir sebagai undangan. (Sulismanto)

Sumber: http://www.jeparakab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=567:teater-kolosal-meriahkan-peringatan-hardiknas-&catid=44:umum&Itemid=684

Tidak ada komentar:

Posting Komentar